4 Dekorasi Kamar Tidur Keren Low Budget: Salah Satunya Cuman Modal Koran dan Selotipe

Dekor Kamar Low Budget

Hallo Folks!

Semua mungkin sepakat bahwa sebuah kamar tidur pasti menjadi ruang paling privat bagi siapapun. Konon setiap dari kita akan menjadi diri kita yang sebenar-benarnya saat berada di kamar milik sendiri. Tak berlebihan bila kemudian banyak yang mengatakan bahwa untuk menilai karakter seseorang salah satunya dapat dilihat dari bagaimana ia menjaga kerapihan tempat tidurnya. Tentu pembaca boleh setuju boleh enggak ya.

Seiring beranjak waktu, kamar sudah bukan lagi sekedar hunian pokok, kini ia menjelma menjadi ruang ekspresi. Sederhananya kamarmu adalah cerminan identitasmu, dan seberapa estetiknya tempat tidurmu terkadang menunjukan manifesto atau pandangan pemiliknya akan banyak hal.

Apalagi dalam situasi wabah seperti ini, rasio pekerjaan atau kegiatan pendidikan mulai lebih sering kita kerjakan dari rumah, sontak beragam rasa jenuh hingga tekanan pun ikut terbawa kedalam kamar kita. Pasti nggak nyaman kan kalau lanskap “ruang privat” kita keliatan gitu-gitu aja.

Membuat kamar tidurmu sedikit lebih estetik mungkin akan menyelamatkanmu dari kesuntukan. Rasanya pengin deh punya dekorasi kamar yang fotogenik nan estetik, biar nggak stress karena tekanan kuliah daring, tapi apa nggak mahal ya?

Tenang, karena ternyata keinginan kamu punya dekorasi kamar keren itu nggak harus mahal-mahal kok. Biar nggak terkesan jorok dan nggak malu-maluin banget kalau ada temen persekutuan yang mau main ke kostan, atau ketika kamu meeting online kamu lebih estetik. Beberapa diantaranya bahkan hanya butuh koran bekas dan selotip seharga tiga ribu rupiah loh

Maka dari itu penulis sajikan deretan dekorasi kamar tidur keren yang cocok untuk kantong mahasiswa. Kami merangkum 4 Dekorasi Kamar Tidur Yang Keren Low Budget: Salah Satunya Cuman Modal Koran dan Selotipe.

Yuk Simak ulasanya!

1. Personal Trajectory

Source: dekoruma.com

Merupakan dekorasi kamar yang memungkinkan pemiliknya menginventarisir barang-barang yang punya nilai dihidupnya. Tentu saja kamu membutuhkan semua hal yang punya unsur kenangan, seperti misalnya Sertifikat, piagam, Kolase foto, foto keluarga, foto saat kamu mendaki gunung, potret kamu saat ulang tahun yang basah kuyup. Atau boleh juga pakaian kenangan yang terbingkai, misalkan saja baju Osis SMP atau SMA yang penuh corat-coret pelangi bentuk perayaan dukungan LGBT kelulusan. Apa aja yang dibutuhkan untuk trayektori kamarmu?

Pertama, sediakan space tembok yang sebelumnya udah dibersihin dari debu, dan siapkan segala piranti sepert contoh diatas ya.  Kedua, cetak gambar yang kamu punya dan bingkai (kalau perlu aja, enggak juga nggak papa). Kamu juga bisa bikin bingkai sendiri loh dengan memanfaatkan koran bekas dan kertas karton/kardus, simak aja video tutorialnya. Ketiga, kamu butuh membeli paku, kalau palu sebaiknya minjem aja. Terakhir, silahkan dekorasikan tata letak nya sesuai seleramu.

2. The Newspaper Wall

Source: dparagon.com

Dekorasi ini mungkin jadi yang paling Low Budget buat dikerjain. Kamu bisa punya kamar yang fotogenik dengan biaya murah tapi nggak murahan. Apa aja yang perlu disiapin? Pertama kamu harus punya koran bekas, kalau nggak punya, bisa beli di pasar loak atau di market place.

Biasanya untuk setengah kilogram koran dibandrol cuman Rp 5.000. Kedua, kamu butuh selotip, apa si? Itu loh yang sejenis solasi tapi perekatnya depan belakang. Harga Selotip sendiri cuman Rp 3.000 kok, dan banyak tersedia di tempat fotocopian.

Ayo kita mulai dengan membersihkan dinding dari debu dan sarang laba-laba. Nah kalau udah bersih, mulai rekatkan koran-koran di dinding tembok, sebagai catatan aja, lebih baik mulai menempelkan koran dari bagian atas dulu ya biar hasilnya lebih rapi—juga prioritaskan pake koran hitam putih aja. Silahkan dekorasikan sesuai seleramu.

3. Tsundoku’s Room

Source: pinterest.com

Buat kamu yang punya koleksi buku seabreg tapi sayang kalau harus diloakin. Atau parno buat dipinjemin ke temen karena pasti susah baliknya, Tsundoku’s Room adalah solusi tepat. Dekorasi ini sendiri meminjam istilah jepang yaitu Tsundoku yang artinya merujuk sama orang yang gampang banget tergiur mengoleksi sesuatu barang tapi ujungnya nggak kepakai dan ngumbuk.

Tsundoku paling banyak biasanya ia yang hobi koleksi buku, sekali tergiur ulasan buku di market place langsung dah beli, habis kebeli cuman dibaca sedikit dan berakhir tergeletak atau didiemin. Nah, daripada kamarmu dibiarkan mirip gudang tukang loak, nggak ada salahnya mencoba tips dekorasi ini.

Pertama, kamu harus buat etalase sederhana dari kayu papan bekas, atau bisa beli, biasanya tukang kayu akan menjual seharga Rp 15.000-30.000 tiap sepaket papan. Sesuaikan dengan kebutuhan ya. Kedua, setelah etalase sederhana jadi, pasanglah didinding kamar dengan paku. Terakhir, buat okupansi menyesuaikan lanskap jenis buku yang menurut kamu layak untuk dipajang. Silahkan dicoba!

4. Life Manifesto Mural Art

Source: muraljogja.com

Untuk yang terakhir ini memang tak membutuhkan biaya banyak, hanya saja membutuhkan sedikit bakat. Kalau kamu hobi memotivasi diri dengan koleksi perbendaharaan kata bijak dari tokoh favorit, Life Manifesto Mural Art adalah jawabanya. Perlu jiwa seni buat ngerjain dekorasi ini, kalau kamu merasa kurang berbakat Mural art, coba deh minta bantuan temen kuliahmu, pasti ada yang bisa kok. Itung-itung menyalurkan bakat vandalisme temen ke media yang benar kan.

Tapi ingat, jangan bayar pakai respect doang ya ngab!, kasian temenya. Nah, lalu apa aja yang perlu disiapin buat projek ini?, garis besarnya aja kamu perlu beberapa cat/pewarna dan kuas, yang paling penting jelaslah waktu senggang dan bakat, kalau udah ada semua itu pasti jadi kok. Selamat mencoba!

Sebagai catatan biar bagaimanapun kamu harus meminta izin dulu sama ibu/bapak yang empunya kost atau kontrakan ya! Yakali udah bayar telat mulu, sekarang kontrakan diacak-acak. Situ ngontrak apa praktek insinyur?

Nah, demikian dekorasi kamar yang bisa kamu kerjain disela-sela kesuntukan perkuliahan daring, nggak ribet dan low budget kan?

Kalau kamu beneran mau nyempetin waktu dan tenaga, pasti bisa kok.

Selamat mencoba……

About the author

Bisma Bayu Aji
Freelance | Website

Kontributor angin-anginan. Penulis random yang juga penggiat sastra. Kunjungi catatan pinggir saya di www.padagiliranya.wordpress.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *