Kelas Online di Kampus Internasional Secara Gratis!

Kuliah Online Gratis di Kampus Internasional

Selama terjadi pandemi covid-19 tren kuliah online meningkat, banyak orang yang antusias untuk ikut dalam kelas-kelas online mulai dari yang berbayar maupun yang gratis, penyelenggaranya pun beragam, baik itu perusahaan maupun organisasi non-profit.

Tetapi kali ini kami akan membahas program yang mungkin tak banyak orang Indonesia tau, bahwa kampus-kampus di Luar Negeri ternyata banyak mengadakan kuliah online dan Gratis!1!1. Tentunya kabar ini dapat menjadi oase di tengah sistem di Indonesia yang belum matang dalam memberikan sistem pengajaran berkualitas dengan  metode daring, karena pada dasarnya banyak dari institusi kita yang nyatanya belum siap dan sekedar terpaksa harus mengikuti metode daring ini.

Selain itu, kuliah online gratis dari kampus di Luar Negeri juga dapat memberi pengetahuan dan pengalaman baru bagi pesertanya. Kalian juga akan dapat pengetahuan tambahan dan referensi sistematik pembelajaran dari kampus di luar. Ini berguna untuk gambaran umum bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri, ataupun yang sekedar mencari skill dan pengetahuan tambahan lewat kursus ini.

Adapun ini merupakan rangkuman daftar kursus daring yang paling populer dari Universitas terbaik di dunia, selebihnya kalian dapat mencari di web masing-masing kampus ya hehe.

1. Harvard University

Kuliah Online Gratis Harvard University
Harvard University / Source: upload.wikimedia.org

Merupakan universitas paling terkenal, terkhusus bagi banyak pelajar di Indonesia. Banyak yang ingin merasakan atau menimba ilmu disana, walau terkenal susah. Tapi kalian jangan putus asa dulu, kalian dapat belajar gratis di Harvard secara online, karena mereka menawarkan lebih dari 600 program memungkinkan Kalian untuk merasakan pendidikan “Ivy League” secara gratis. Dimana “Ivy League” merupakan asosiasi yang terdiri dari 8 Universitas yang paling prestisius di Amerika Serikat dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top AS.

Berikut adalah beberapa kursus menarik yang mungkin kalian nikmati:

  • Shakespeare’s Life and Work: Pelajari cara membaca drama William Shakespeare, sambil juga belajar biografinya selama empat minggu. Kursus ini juga mencakup sejarah Elizabethan dan Jacobean dan kinerja modern.
  • Justice: Pengantar filsafat keadilan, moral dan politik, mengeksplorasi analisis kritis teori klasik dan kontemporer selama 12 minggu. Kalian akan membaca teks-teks oleh Aristoteles, John Locke, Immanuel Kant, Jon Stuart Mill dan John Rawls.
  • The Health Effects of Climate Change: Perubahan iklim lebih hangat dari sebelumnya. Dalam kursus tujuh minggu ini, anda akan mencari tahu bagaimana pemanasan global berdampak pada kesehatan manusia dan bagaimana kita dapat membantu mengurangi dampaknya.

Lihat semua program online Universitas Harvard di sini.

2. Massachussetts Institute of Technology (MIT)

Kuliah Online Gratis Massachussetts Institute of Technology
Massachussetts Institute of Technology (MIT)/Source: upload.wikimedia.org

MIT dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia, bahkan kampus ini merupakan peringkat pertama di dunia dalam QS World University Rankings terbaru. Kampus ini juga merupakan tempat tokoh-tokoh terkenal antara lain seperti, Edwin “Buzz” Aldrin a.k.a Neil Amstrong, serta Noam Chomsky. Tertarik dengan kampus terbaik ini? berikut adalah beberapa pilihan kursus daring mereka:

  • Number Theory I: Kursus tingkat pascasarjana ini akan mencakup berbagai topik dalam teori aljabar dan teori bilangan analitik.
  • Microeconomic Theory and Public Policy: Jika Kalian tertarik untuk belajar ekonomi, mengapa tidak belajar dari salah satu ditempat yang terbaik? Kursus ini menggunakan teori ekonomi mikro untuk menganalisis kebijakan publik. Ini akan mengajarkan kalian dasar-dasar ekonomi dan kalian bebas untuk mengambil kursus dengan kecepatan kalian sendiri.
  • Making Books: The Renaissance and Today: Bagi orang yang mencari sesuatu yang sedikit berbeda, kursus ini mengeksplorasi dampak teknologi baru pada perekaman distribusi kata dan gambar selama: penemuan mesin cetak pada tahun 1450, adaptasi listrik ke teknologi komunikasi pada abad ke-19, dan media digital saat ini.

Lihatlah kursus online MIT lainnya di sini.

3. University of California, Irvine

Kuliah Online Gratis University of California irvine
University of California, Irvine/Source: upload.wikimedia.org

University of California, Irvine, juga merupakan Universitas terkemuka di Amerika Serikat. Mereka menawarkan berbagai kursus tentang berbagai mata pelajaran. Berikut ini beberapa yang mungkin menarik minat Kalian:

  • Better Business Writing in English: Kursus ini akan membantu kalian mengembangkan keterampilan menulis kalian dalam berbagai jenis komunikasi bisnis.
  • Introduction to Electronics: Pelajari tentang komponen dasar elektronik; dioda, transistor, dan op-amp. Sempurna untuk mereka yang menginginkan wawasan dalam teknik elektro.
  • Game Without Chance, Combinational Game Theory: Panduan pemula untuk teori game kombinasi. Kursus ini mencakup teori matematika dan analisis permainan sederhana tanpa peluang bergerak.

Lihat kursus online dari University of California, Irvine di sini.

4. Georgia Institute of Technology

Institut Teknologi Georgia cukup lama telah menawarkan kursus online, bahkan sejak tahun 2012. Sejak saat itu 3,3 juta orang telah menikmati kursus kelas dunia ini, yang tersedia dalam berbagai topik. Berikut beberapa yang mungkin Kalian nikmati:

  • Data Analytics in Business: Kursus ini membantu kalian memahami data dan analisis bisnis. Kursus ini kemudian memberi kalian kesempatan untuk menerapkan algoritma dan metodologi analitik bisnis ke kumpulan data bisnis dunia nyata. Dengan tren data analis yang sangat booming saat ini, kursus ini sangat cocok untuk kalian ambil.
  • Innovation Leadership: Kursus enam minggu untuk siapa saja yang ingin menjadi pemimpin yang penuh inovasi. Kalian akan belajar mengapa pemimpin dengan inovasi sangat penting untuk menjadi pemimpin.
  • Supply Chain Principles: Kursus 15 jam ini merupakan pengantar yang bagus bagi siapa pun yang ingin mengejar karir di rantai pasokan. Dimana dengan integrasi ekonomi dan pasar bebas, peran rantai pasok sangat penting untuk pengambilan keputusan sebuah perusahaan.

Lihatlah daftar kursus online Institut Teknologi Georgia di sini. 

5. Michigan State University

Kuliah Online Gratis Michigan State University
Michigan State University/Source: upload.wikimedia.org

Salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat, Michigan State University menawarkan pilihan program online. Berikut adalah beberapa yang mungkin menarik bagi Kalian:

  • Become a Journalist, Report the News: Pelajari dampak jurnalisme pada masalah dan tren sosial. Pelajari praktik terbaik dan etika untuk proses pengumpulan berita. Kursus ini membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan dan bagus untuk calon jurnalis.
  • Write a Future-Length Screenplay for Film or Television: Selama 20 minggu, Kalian akan menulis skenario panjang film yang lengkap untuk film atau televisi. Kalian akan diajari proses terstruktur yang memungkinkan Kalian menghasilkan skrip yang baik.
  • Art for Games Specialization: Kursus yang berfokus pada pemula ini akan mengajarkan Kalian hal-hal penting dari produksi seni game 2D dan 3D selama enam bulan.

Lihatlah kursus lain yang ditawarkan di Michigan State University di sini.

6. California Institute of the Arts

Kuliah Gratis California Institutet of the Arts
California Institute of the Arts/Source: upload.wikimedia.org

Kampus ini merupakan Peringkat 20 dunia untuk Seni dan Desain di QS World University Ranking pada tahun 2020. Kampus ini cocok sekali untuk kalian yang ingin terjun atau menyukai industri kreatif, adapun beberapa kelas yang mungkin kalian sukai ialah:

  • Graphic Design Specialization: Kursus enam bulan ini mengajarkan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk desain grafis. Kalian juga akan menyelesaikan proyek yang dapat digunakan untuk portofolio profesional anda.
  • Sharpened Visions, A Poetry Workshop: Dalam kursus sepuluh jam ini kalian akan belajar istilah dan perangkat kunci puisi dengan mempelajari berbagai puisi oleh penyair modern dan kontemporer. Kalian juga akan mendapatkan kesempatan untuk menulis puisi kalian sendiri dan mendapatkan umpan balik dari para profesional.
  • The Language of Design, Form and meaning: Kalian akan melakukan analisis objektif dari karya desain grafis dalam kursus ini, serta berusaha mengkritisi efektivitasnya. Ini adalah kursus untuk pemula dan akan memakan waktu sekitar delapan jam untuk menyelesaikannya.

Kalian dapat menemukan daftar lengkap program di California Institute of the Arts di sini.

7. Hong Kong University of Science and Technology

Kuliah Gratis Hongkong University of Science and Technology
Hongkong University of Science and Technology/Source: upload.wikimedia.org

Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong adalah universitas penelitian internasional yang bertujuan untuk memajukan pengajaran dan penelitian dalam sains, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis. Berikut adalah pilihan kursus online yang mereka tawarkan:

  • Introduction to Fintech: Kalian akan mempelajari tentang inovasi, teknologi, dan regulasi yang mendorong transformasi keuangan di FinTech MOOC (Massive Open Online Course) pertama di Asia.
  • Making Sense of News: Kursus enam minggu ini akan mengembangkan keterampilan berpikir kritis kalian untuk memungkinkan kalian mengidentifikasi informasi dengan lebih baik dalam melihat laporan berita.
  • State, Law and the Economy: Jika kalian tertarik untuk belajar tentang ekonomi, kursus ini adalah tempat yang bagus untuk memulai. Kursus ini mengajarkan konsep ekonomi yang relevan dengan studi ekonomi politik.

Lihat daftar lengkap kursus online yang ditawarkan di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong di sini.

8. UCL (University College London)

Kuliah Gratis University College London
University College London/Source: upload.wikimedia.org

Salah satu sekolah terbaik di Inggris, dan merupakan peringkat kedelapan di dunia dalam QS World University Ranking. Mereka menawarkan berbagai macam kursus, dan adapun kelas-kelas mereka yang menarik seperti:

  • Anthropology of Social Media, Why We Post: Kursus lima minggu ini membahas tentang konsekuensi media sosial dengan pendekatan komparatif dan antropologis terhadap penggunaan media sosial di seluruh dunia.
  • Citizen Science and Scientific Crowdsourcing, An Introduction: Dijalankan oleh departemen geografi UCL, kursus ini akan memberi Kalian pemahaman dasar tentang ilmu masyarakat/warga dan memperkenalkan kalian pada literatur akademis di bidang ini.
  • Culture, Health and Wellbeing, An Introduction: Kursus ini akan membantu Kalian mengembangkan, memberikan, dan mengevaluasi pekerjaan kesehatan dan kesejahteraan dalam museum, seni, warisan, atau organisasi budaya. Ini adalah pengantar yang bagus untuk siapa pun yang ingin bekerja di sektor ini.

Lihat apa saja yang ditawarkan kursus online UCL di sini.

9. École Polytechnique

Kuliah Online Gratis École Polytechnique
École Polytechnique/Source: upload.wikimedia.org

École Polytechnique adalah lembaga Perancis terkemuka yang menggabungkan penelitian tingkat atas, akademisi, dan inovasi menjadi ujung tombak sains dan teknologi. Menawarkan 29 kursus online, 10 diajarkan dalam bahasa Inggris dan 19 diajarkan dalam bahasa Prancis. Berikut adalah beberapa kursus yang mungkin menarik bagi Kalian:

  • An Introduction to Probability: Diajarkan dalam bahasa Prancis, ini adalah kursus dua bagian yang menawarkan kelas mingguan yang mengajarkan dasar-dasar probabilitas, memberi kalian pemahaman bertahap namun menyeluruh tentang probabilitas dan bagaimana itu digunakan di dunia nyata.
  • How to Write and Publish a Scientific Paper: Dirancang untuk siswa dengan pengalaman sebelumnya dalam penelitian akademik, kursus ini akan melakukan persis seperti yang tertulis dalam judul. Diajarkan dalam bahasa Inggris, kalian akan belajar menulis dan menerbitkan makalah ilmiah lengkap secara akurat dalam empat minggu.
  • From Particles to Stars: Jika kalian pernah bertanya-tanya bagaimana Alam Semesta terbentuk, bagaimana ia telah berevolusi dalam 14 miliar tahun terakhir, atau bahkan seperti apa alam semesta terbentuk, maka inilah jalannya bagi kalian. Kursus berlangsung selama sepuluh minggu dan diajarkan dalam bahasa Prancis.

Jelajahi semua kursus online École Polytechnique di sini.

Mungkin cukup sekian yang bisa mimin sebarkan, mungkin kalian punya referensi lain? bisa bantu sebarkan dikolom komentar kami… dan jangan lupa bantu sebarkan bila artikel ini bermanfaat hehe…


About the author

Weka Kanaka
Weka Kanaka
Kontributor Tetap at ID Student Outlook | Website

Belum pandai merangkai kalimat, sekedar ingin membagikan pandangan maupun informasi, tapi kolaborasi antara waktu ditambah usaha mungkin bisa berkata lain. Blogger part time, Learner all of time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *