7 Makanan Indonesia Bisa Jadi Rekomendasi Buat Temanmu Yang Dari Luar Negeri

Makanan Rekomendasi

Apa anda mengetahui Steak? Burger? Pizza? Kebab? Sushi? Spaghetti? mungkin makanan-makanan itu tidak asing di telinga atau ingatan anda. Makanan ini berasal dari luar negeri yang juga popular di Indonesia. Banyak industri-industri makanan ataupun Restoran mulai dari yang berkapital besar, sampai tingkat UMKM pun banyak yang menyediakan menu itu sebagai daftar andalannya.

Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang enak dan unik, serta terkenal di kalangan masyarakat di golongan menengah ke atas. Tapi tahukah kamu banyak juga makanan khas dari Indonesia yang bisa saja menjadi rekomendasi untuk temanmu yang berasal dari Luar Negeri saat mereka mencoba memakannya?

Nah kami berusaha merangkum makanan khas dari Indonesia yang terkenal enak, yang bisa jadi bakal membuat warga negara lain ataupun temanmu yang berkunjung ke Indonesia menjadi kepincut terhadap masakan Indonesia.

1. Nasi Goreng

Source: wikimedia.org

Pasti Nasi goreng bukanlah makanan yang terdengar asing bagi kita orang Indonesia. Hidangan nasi yang walau sudah matang namun dimasak lagi ini malah menjadi hidangan populer dan sangat mudah ditemui dimana-mana. Sebagai makanan jalanan, restoran berbintang, bahkan menjadi makanan rumahan.

Bahannya juga tidak sulit untuk dicari dan diolah, bahkan bisa diubah sesuai kondisi, kebutuhan atau selera. Ada yang menggunakan toping mewah seperti udang, cumi, ayam, daging, sosis, telur. Bisa juga memakai campuran sayur seperti kol, cesim, wortel dan lain-lain. Bahkan bisa juga mencampur semua itu, yang nampaknya akan sangat lezat.

Tidak hanya itu, nasi goreng juga bisa dibuat dengan campuran unik seperti sambal dengan cita rasa pedas. Untuk orang yang ingin berhemat, nasi goreng juga bisa dibuat dengan bumbu instant yang harganya sekitar 1000-an dan bisa kamu beli di warung terdekat, walau dengan bumbu sederhana, namun cita rasa tetap enak dinikmati kok.

Nah ternyata nasi goreng ini tidak hanya ada di Indonesia saja loh. Jika anda berjalan-jalan ke luar negeri khususnya negara-negara asia tenggara atau oriental, anda juga masih bisa menemukannya dengan sajian yang berbeda dan harga yang bervariasi.

2. Rendang

Source: wikimedia.org

Siapa yang tak tau Rendang? Merupakan masakan daging yang dimasak dengan santan, lalu dicampur dengan bumbu rempah, kemudian dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga berjam-jam. Masakan ini adalah masakan daging yang sangat enak dan memanjakan lidah.

Bumbunya yang sudah menyatu dengan daging, lalu tekstur daging yang sudah halus, semakin mudah untuk kita kunyah. Rasanya sulit untuk menolak cita rasa spesial dari Rendang yang mengacak-acak kenikmatan indra pengecap ini.

Bahkan masakan ini sudah diakui dunia sebagai masakan yang enak, terbukti di daftar makanan terenak se-dunia di tahun 2021, rending menempati posisi ke-11. Selain itu kelebihan masakan ini adalah tahan lama sehingga ini dapat disimpan sampai berhari-hari.

3. Sate Ayam

Source: wikimedia.org

 Siapa yang tak kenal hidangan ini, hidangan sate ayam sering kita temui di pinggir jalan. Harga yang relatif terjangkau dan enak membuat makanan ini tak asing dan disukai banyak kalangan. Sate ayam bercirikan oleh daging ayam yang ditusuk dan dibakar hingga membuat teksturnya lembut, lalu dicampur dengan sambal kacang yang memperkaya cita rasanya, tak ketinggalan pula ditaburi bumbu bawang, sehingga membuat hidangan ini sulit ditolak oleh lidah.

Jika pembaca mampir ke penjual sate ayam dan membeli banyak porsi, saya menerima dengan secara lapang dada dan sangat terbuka terhadap segala bentuk kedermawanan pembaca yang hendak membelikan sate ayam buat saya hehe.

4. Sate Kambing

Selain daging ayam, daging kambing juga tak kalah enak untuk dibuat sebagai sate. Walaupun sedikit terdapat aroma prengus, tetapi masyarakat Indonesia banyak yang menyukainya, terbukti dengan banyak dijumpai dijual di pinggir jalan, ataupun menjadi hidangan wajib ketika Idul Adha.

Daging kambing memang memiliki resiko untuk meningkatkan kolesterol. Tak jarang orang yang memakan terlalu banyak olahan daging kambing ini mengalami gejala pusing yang menandakan kolesterol naik, tak terkecuali jika kamu memakan daging kambing yang diolah menjadi sate.

Namun kamu tenang saja, biasanya dan kebanyakan penjual sate menyertakan saus kecap yang dicampur irisan tomat dan bawang merah mentah. Yang mana sangat disarankan untuk anda memakan sate kambing beserta tomat dan bawangnya untuk mengurangi resiko naiknya kolesterol.

5. Lotek / Gado – gado

Source: wikimedia.org

Lotek adalah makanan yang berisi campuran sayur rebus yang di taburi saus kacang. Mungkin ini bukanlah makanan berbintang dan mewah, akan tetapi bagi para vegan atau yang sedang diet dan memilih untuk mengonsumsi banyak sayuran, ini adalah makanan yang patut untuk dicoba.

Jika masyarakat di luar negeri populer dengan Salad untuk kebutuhan makanan vegan yang penuh gizi dan nutrisi. Sedangkan di Indonesia lotek bisa jadi adalah salad versi kearifan lokal yang juga kaya nutrisi dan vitamin, karena pada dasarnya bahan-bahan yang terkandung didalamnya yaitu seperti aneka sayuran, saus kacang, tahu, yang mana dasarnya sudah memiliki banyak vitamin, protein dan nutrisi lainnya.

Bagi yang enggak bisa makan tanpa adanya kandungan hewani, atau yang enggan untuk terlalu diet hehe, lotek pun bisa ditemui dengan topping daging hidung sapi sebagai campuran isinya.

6. Mie Ayam

Source: wikimedia.org

Siapa tak kenal mie ayam, makanan rakyat yang hampir dijumpai di setiap daerah di Indonesia. Sup mie yang dicampur sayur cesim lalu diberi toping potongan daging ayam yang sudah diolah dengan bumbu rempah-rempah yang kaya rasa.

Mungkin ini bisa diibaratkan mie ramen versi lokal, karena sejatinya sama-sama mempresentasikan olahan sup mie yang memiliki campuran yang berbeda.

Sebenarnya asal-usul mie ayam pun berasal dari Tiongkok, yang kemudian diperkenalkan ke Indonesia melalui keturunan Tiongha. Namun dari waktu ke waktu, Mie ayam Indonesia memiliki khas tersendiri dengan campuran bumbu dan rempah-rempah khas Nusantara.

7. Indomie & Mie Sedaap

Source: Nyett Studio on Youtube

Para Kpoper mungkin tergila-gila dengan mi Samyang, mie instant asal korea yang terkenal menonjolkan cita rasa pedas dan enak.

Namun Indonesia juga punya mie instant yang tak kalah enak loh! yaitu Indomie dan Mie sedaap, yang mana mie ini dijual dikisaran harga seperenam dari harga mi Samyang.

Bagi banyak orang, ini adalah mie instan selera rakyat sejati. Hal itu karena rasanya yang enak ditambah harga yang pas dihati membuat mie ini berhasil disukai oleh banyak orang, atas dasar kepentingan selera ataupun kepentingan budget, mie ini cocok untuk semua golongan.

Selain itu terkenalnya Indomie dan Mie sedaap juga sampai ke luar negeri, hingga berhasil mendorong beberapa youtuber mancanegara untuk membuat konten mukbang mie instan ini.

Kepopulernya tak hanya sampai disitu, rasa fanatisme terhadap rasa dan harganya yang merakyat ini mendorong terciptanya rivalitas yang melahirkan sekte mie goreng Indomie dan sekte mie goreng mie sedaap di dunia maya. Kedua sekte tersebut diceritakan sering bertarung untuk membela junjungan mie goreng mereka masing-masing. Dalam panas, hujan, di siang dan malam, mereka menyempatkan waktu untuk berjuang membela nama baik sekte mereka di dunia maya.

sumber gambar:

– wikimedia.org

– Nyett Studio on Youtube

Proof:

Weka

About the author

Sarwo Edi
Sarwo Psyduck
Penulis Lepas

Hanya seorang random people yang melakukan random act.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *