Orang Harus Paham Ini, Biar Gak Ada Lagi Konten Prank Sampah!

Ferdian Paleka

Instagram.com/Ferdianpalekaaa

Akhir-akhir ini kita mulai banyak melihat konten Youtube yang sangat meresahkan atau setidaknya membuat dahi kita berkenyit. Terkhusus dalam hal ini, konten bernuansa prank, yang di mana tujuan prank pada awalnya adalah konten yang bertujuan untuk menghibur. namun nyatanya, alih-alih menghibur, terkadang membuat sebagian orang emosi. Sebut saja kasus prank memberi sampah kepada waria di jalan oleh Ferdian Paleka, ataupun prank menawarkan uang sebesar 10 juta ke orang untuk membatalkan puasanya yang dilakukan oleh youtuber dengan nama akun hasanjr11.

Tapi hal itu baik disengaja ataupun tidak, memang sebuah keharusan di mana mereka perlu memutar otak untuk mencari ide-ide konten yang menarik demi mendapatkan atensi tinggi dari masyarakat. Karena apabila tidak demikian, maka mereka akan kewalahan dalam usahanya menaikan jumlah view atau penonton.

Dengan begitu, dibutuhkan practical skill seorang youtubers untuk dapat mengarungi ke-viral-an jagad per-yutuban. Practical skill ini secara definitif adalah skill khusus di satu bidang yang spesifik, dalam hal ini kasusnya para youtubers pasti mempunyai practical skill untuk menerka konten apa yang kiranya akan viral, melihat tren penonton, menarget penonton, serta membawakan ataupun menampilkan videonya dengan baik. Tapi nyatanya praktical skill saja tidak cukup, ada skill lain yaitu Fundamental Skills dan Insightful Skill yang perlu dikuasai oleh semua orang, terkhusus para pembuat konten ini agar tidak membuat pening banyak orang.

Fundamental Skill

Lalu apa yang dimaksud dengan Fundamental Skill? Menurut American Psychological Association; Adalah kemampuan yang diperlukan untuk melakukan tugas atau memahami suatu gagasan karena merupakan dasar untuk keterampilan atau gagasan lain. Kemampuan dasar yang biasanya dianggap perlu untuk fungsi yang kompeten dalam masyarakat (mis., membaca, matematika dasar, keterampilan komunikasi).

Sedangkan menurut Sabda (Founder Zenius Education), Fundamental Skills mencakupi hal-hal antara lain; Critical Thinking dan Logic, Matematika, dan Verbal Skill. Sabda menambahkan Critical Thinking dan Logic ke dalam konsep ini karena hal ini merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir secara benar. Lalu apa yang dimaksud dengan berpikir secara benar? Pada dasarnya kebanyakan orang dapat berpikir bahwa mereka bisa berpikir, menganalisis, memilih mana yang benar ataupun salah dengan pertimbangannya sendiri. Tetapi tanpa mengetahui konsep ini, mereka akan terjebak dengan yang namanya kesalahan logika (Logical Fallacy), karena pada dasarnya ada aturan-aturan dasar logika yang berlaku secara universal. Aturan ini akan menjadi alat pikir kita untuk dapat melihat sesuatu dari berbagai perspektif secara lengkap, bahkan kita bisa melihat keputusan yang kita ambil ini sekedar benar, cukup benar, ataukah sudah sangat tepat. Nah skill ini penting banget buat dimiliki semua orang terkhusus para yutuber semisal Paleka ataupun Hasan untuk memproduksi konten yang tepat. 

Sedangkan untuk kemampuan matematika, tidak hanya untuk berhitung sehari-hari, karena kalkulator pun nampaknya lebih jago daripada kita. Tetapi dengan kita memahami matematika secara solid, kita bisa menciptakan pola pikir yang terintegrasi, sistematis dan juga konsisten. Nah misalnya saja di kasus para yutuber tersebut, dengan kemampuan matematis yang baik, mereka pastinya dapat memperkirakan dampak dari kontennya, baik keuntungan maupun kerugiannya.

Lalu untuk Verbal Skill, kemampuan ini berguna untuk berkomunikasi, baik itu ide ataupun gagasan dari seseorang. Kemampuan ini juga penting sekali untuk menghindari terjadinya miss konsepsi antara orang yang berinteraksi, dalam hal yutubers— antara pembuat konten dan penonton.

Insightful Knowledge

Ini juga salah satu hal yang penting dipelajari untuk semua orang tanpa memandang background dirinya. Karena keilmuan ini berguna agar kita dapat melihat dunia secara lebih luas. Lalu apa aja yang yang dikategorikan Insightful Knowledge? Yaitu keilmuan perihal filosofi, Ilmu umum, dasar-dasar fisika, sejarah, antropologi, biologi, dan ilmu-ilmu lain yang menambah wawasan kalian. Tetapi dalam banyak keilmuan ini, kalian gak perlu mempelajari secara dalam, cukup pilih satu atau beberapa keilmuan yang kalian kuasain konsep dan teknisnya, tak ketinggalan juga Fundamental Skill yang juga wajib buat kalian.

Dengan terbukanya wawasan kalian, membuat kalian lebih tercerahkan dan dalam kasus para yutuber, insightful knowledge ini dapat menjadi stok konten kalian. Jadi keseimbangan ini diperlukan, agar orang tidak hanya dapat menjadi professional ataupun kreatif di bidang tertentu, tapi juga punya keilmuan lain yang gak kalah penting, kan kadang ada tuh, orang yang ingin fokus di satu bidang–akhirnya mereka tidak memperdulikan bidang lain, yang padahal juga sama pentingnya, atau akan berguna suatu saat.

Nah dari perpaduan ketiga skill tadi akan membantu kalian untuk menjalankan kehidupan, apapun itu entah di tempat kerja, di dalam masyarakat, atau di tempat-tempat lainnya. Dengan hal ini, semoga udah gak ada lagi tuh konten yang bikin mengernyitkan dahi lagi…

About the author

Weka Kanaka
Weka Kanaka
Kontributor Tetap at ID Student Outlook

Baru saja menyelesaikan Studi S1 Ekonomi Pembangunan di tahun 2020, dan sedang bersemangat-semangatnya untuk mencari pekerjaan, namun naas corona sedikit mengubur hasratnya. Akhirnya memutuskan mengisi waktunya berproduktif sembari belajar dengan cara mengelola platform ID Student Outlook.

2 thoughts on “Orang Harus Paham Ini, Biar Gak Ada Lagi Konten Prank Sampah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *